Tuesday, December 20, 2016

Contoh Soal Suhu dan Kalor Beserta Pembahasanya

Contoh Soal Suhu dan Kalor Beserta Pembahasanya

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal dasar yang bisa dijadikan bahan belajar bagi yang sedang mempelajari materi suhu dan kalor. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mempelajari.


1. Besar kalor jenis air adalah 1 .Kalor yang dibutuhkan untuk merubah temperatur air 200 gram dari 0sampai 80 adalah ?

Jawab




Besar kalor yang dibutuhkan untuk merubah air 200 gram dari suhu 0 sampai 80 adalah






2. Besar kalor jenis air adalah 1, kalor jenis es 0,5 , kalor lebur air 80 kal/gram .Kalor yang dibutuhkan untuk merubah temperatur es 200 gram dari -10 sampai menjadi air 50 adalah ?

Jawab








Besar kalor yang dibutuhkan untuk merubah es 200 gram dari -10 menjadi air 50 adalah




3. Terdapat air 400 gram bertemperatur 10 dan air 200 gram bertemperatur 60dicampurkan ke dalam sebuah wadah yang tidak menyerap kalor. Besar kalor jenis air 1.  Suhu akhir campuran adalah ?




Jawab

Gambar di bawah adalah ilustrasi penerimaan dan pelepasan kalor antara air yang memiliki temperatur yang berbeda air 60 akan melepaskan kalor dan air 10akan menerima kalor


Berdasarkan azas Black jumlah kalor yang dilepaskan akan sama dengan jumlah kalor yang diterima, persamaan matematisnya bisa dituliskan seperti persamaan di bawah ini






Besar suhu akhir campuran adalah




4. Es bertemperatur -10 dan bermassa 100 gram dimasukan kedalam wadah berisi air 200 gram bertemperatur 60.Besar kalor jenis air adalah 1, kalor jenis es 0,5 , kalor lebur air 80 kal/gram. Jika wadah tidak menyerap kalor, maka besar suhu akhir adalah ?


Jawab









Besar suhu akhir adalah



5. Tembaga bermassa 100 gram bertemperatur 80, dimasukan kedalam air bermassa 400 gram bertemperatur 0. Wadah air berbahan gelas bisa menyerap kalor dengan massa 50 gram awalnya memiliki suhu yang sama dengan air 0.Besar kalor jenis air 1, kalor jenis tembaga 0,09, kalor jenis gelas 0,2. Besar suhu akhir adalah ?



Jawab

Contoh soal ini berbeda dengan contoh soal sebelumnya, pada soal ini wadah tempat zat cair disertakan dalam perhitungan karena bisa menyerap atau melepaskan kalor.



Pada soal ini terdapat tiga zat yang terlibat dalam proses perpindahan kalor yaitu air, gelas dan tembaga






Besar suhu akhir adalah




6. Dua buah logam A dan B salah satu ujungnya ditempelkan seperti pada gambar soal di bawah ini. Ujung bebas logam A bertemperatur 100, sedangkan ujung bebas B bertemperatur 20. Panjang logam B 1,5 kali panjang logam A, kedua logam memiliki luas penampang yang sama. Besar suhu sambungan T adalah ?



Jawab




Karena luas penampang sama maka bisa dihilangkan dari persamaan




Besar suhu sambungan kedua logam adalah





7. Es bermassa 200 gram dengan temperatur -10 menerima kalor sebesar 125000 kalori dan es berubah menjadi air dengan suhu akhir 40. Besar kalor jenis air adalah 1, kalor jenis es 0,5 , kalor lebur air 80 kal/gram. Jika wadah tidak menyerap kalor, maka besar massa es adalah ?


Jawab







Besar massa es adalah


No comments: